Kebudayaan,Makanan dan Ciri Khas Pulau Madura

hi guys kali ini  saya akan memposting tentang kebudayaan,makanan dan ciri khas di daerah saya
Kebudayaan
Salah Satu Kebudayaan Di Pulau Madura Adalah Rumah Adat Tanian Lanjang atau juga bisa disebut halaman panjang dalam artian bahasa indonesia yg melambangkan kekerabatan antar sesama masyarakat madura
Bahasa Madura
Bahasa madura adalah bahasa yg cukup unik tak jarang banyak orang luar madura yg ingin mempelajari bahasa ini :D menurut saya ada sedikit kesamaan dalam bahasa jawa dan bali tapi banyak juga perbedaannya dari logat dan tulisannya

Makanan Khas Madura
 Soto Madura

kul madura soto.jpg

Rasanya hampir di seluruh daerah di Indonesia mengenal salah satu jenis masakan berkuah melimpah ini. Soto yang ada di Madura ini menggunakan bahan dasar yang hampir sama dengan soto pada umumnya. Terdiri dari daging sapi, telur rebus, kentang goreng, dan telur yang direbus ini, soto Madura memiliki citarasa yang tak jauh berbeda dengan soto pada umumnya. Taburan daun bawang, seledri, dan bawang goreng di atasnya menjadikan soto Madura lebih bercitarasa khas. Ada keunikan lainnya yang dihadirkan soto Madura, bahwa di masing-masing daerah di Madura soto ini disajikan dengan pendamping yang berbeda.

Makanan Khas Madura – Sate
Di setiap kota di Indonesia hamper bisa dipastikan selalu ada warung sate Madura. Bukan hanya di Madura sate Madura inipun biasanya dapat juga kita temui di Mancanegara. Sate Madura biasanya dibuat dengan menggunakan daging kambing ataupun daging ayam. Daging tersebut dipotong kecil-kecil sebelum ditusuk dan dibakar sehingga sering disebut dengan sate lalat. Sebutan sate lalat bagi makanan khas Madura yang satu ini karena potongan dagingnya yang kecil-kecil sehingga menyrupai lalat.
Sate lalat disajikan dengan bumbu kacang,sambal dan kecap. Biasnya disajikan juga denga nasi atau lontong. Makanan khas Madura yang satu ini pasti membuat anda ketagihan

Ciri Khas
  Kesulitan yang dihadapi untuk mencapai pulau madura juga menjadi penghalang bagi para pengamat budaya untuk mendeskripsikan budaya madura kepada khalayak ramai, sehingga tidak banyak khalayak ramai yang tahu tentang bagaimana kebudayaan masyarakat di Madura, kebanyakan hanya memandang bahwasannya masyarakat Madura berperangai keras, sulit beradaptasi, terbelakang, dan kasar.(Said Abdullah, oktober 2008).
Sejak sebelum Jembatan Suramadu di operasikan, telah muncul berbagai stigama sosial tentang Masyarakat Madura, yaitu keterbelakangan dan kekerasan. Kekerasan seakan menjadi atribut yang melekat di pundak masuyarakat madura, Banyak yang Mencitrakan masyarakat dan kebudayaan madura dengan sikap serba sangar, mudah meneggunakan senjata dalam menyelesaikan masalah. Hal ini sebagai penggambaran watak masyarakat madura yang tegas dan berani bertindak.
Watak tersebut memang melekat sampai sekarang, hal tersebut dikarenakan kerasnya perjuangan masyarakat madura dalam menjalani kehidupan akibat kondisi alam yang tidak mendukung, kurang subur, relatif kering dan gersang. karena itu untuk mempertahankan hidup demi sejengkal tanahnya, masyarakat madura rela meregang nyawa.
Wilayah yang terpisah oleh selat tersebut juga menyebabkan arus globalisasi sulit untuk masuk ke Madura. Hal ini menyebabkan ketertinggalan peradaban dan IPTEK masyarakat madura dengan wilayah sekitarnya, misal Surabaya.

oke guys itu adalah penjelasan sekilas tentang daerah saya semoga bermanfaat ;)

Bima Siwystika

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar